Tuesday, December 25, 2018

Pengertian Aspek Rasio Pada Layar Hape

Hallo gaes, kali ini saya ingin membahas tentang pengertian aspek rasio layar pada hape yang biasanya disebutkan dalam spesifikasi sperti 16 banding 9 (16:9) atau 18 banding 9 (18:9). Mungkin udah banyak orang yang tau dan udah banyak dibahas tentang pengertian aspek rasio ini, tetapi karerna di blog ini belum ada, dan juga untuk melengkapi konten blog, tidak ada salahnya kalo saya bahas tentang pengertian aspek rasio layar hape.

Setiap kali membaca spesifikasi sebuah hape, tentu akan terdapat tulisan aspek rasio, entah itu 16:9 atau 18:9 atau 18.5:9 dan sebagainya, tetapi kebanyakan hape jaman now rata-rata mengusung layar dengan aspek rasio 18:9  bahkan informasi terbaru ada yang menggunakan aspek rasio 19:9 yaitu xiaomi mi play, Nah ketika membaca tulisan aspek rasio itu kira-kira paham tidak maksudnya apa? buat yang belum faham berikut ini penjelasannya.

Pengertian Aspek Rasio Layar Hape
Aspect Ratio atau rasio perbandingan bukan bahasa khusus yang berasarl dari teknologi hape dan hanya dipakai dalam istilah hape, tetapi aspek rasio merupakan bahasa umum. Secara umum Aspek Rasio digunakan untuk menunjukkan perbandingan ukuran panjang dan lebar sebuah bidang datar (termasuk bidang datar adalah layar hape) yang dinyatakan dalam bentuk angka dan dipisahkan dengan tanda titik dua.

Aspek rasio tidak memiliki satuan khusus atau bisa dikatakan fleksiibel, tergantung digunakan untuk menyatakan satuan apa, Misalnya anda membaca atau mendengar hape dengan aspek rasio 18:9 (18 banding 9) itu artinya bukan berarti hape tersebut memiliki panjang 18cm dan lebar 9cm.

Angka 18:9 tersebut hanya untuk menggambarkan bahwa hape tersebut memiliki bentuk panjang dan lebar seperti yang saya gambarkan dibawah ini:

Contoh, misalnya jika sebuah layar hape memiliki rasio layar 9:9 maka bentuk layarnya akan seperti gambar dibawah ini:

Dibawah ini adalah contoh nyata hape yang memiliki aspek rasio 16:9 dan 18:9.
adf

Dari gambar diatas terlihat bahwa semakin besar angka di sisi panjang maka akan semakin tinggi layar hape tersebut.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi link aktiv tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar