Thursday, October 25, 2018

Apa itu Notch? Ini Penjelasannya

Saat ini sudah banyak sekali orang membahas tentang smartphone dari berbagai vendor dan mereka sering menyebutkan istilah-istilah yang tidak biasa atau tidak familiar (bagi sebagian orang) diantaranya adalah Notch, aperture, bezelless dan lain lain.

Nah, oleh karena itu untuk menambah wawasan kita semua (khususnya yang belum tau) saya akan mencoba menjelaskan istilah atau kata tersebut tetpi dalam postingan kali ini hanya akan membahas tentang Notch.

Notch itu apa sih? Pengertian Notch itu apa? Apayang dimaksud dengan Notch? Notch adalah lekukan dibagian atas layar HP / smartphone, notch bisa juga disebut dengan poni hitam yang terdapat pada bagian atas layar HP / smartphone. notch jika diartkan kedalam bahasa indonesia secara harfiah adalah takik. Penampakan notch seperi gambar dibawah ini.

Jadi itulah gaes pengertian notch, sekarang sudah tau ya Gaes notch itu apa. Sedikit informasi tentang notch nih gaes.. Tidak semua smartphone memiliki design notch, smartphone pertama yang memiliki design notch adalah iPhone-X.

Pada awalnya design notch pada iPhone X banyak dinyinyirin sama sebagian pengguna dan produsen smartphone kelas dunia lainnya (mungkin karena saingan kali ya) tetapi akhirnya sukses dipasaran dan malah ditiru oleh beberapa produsen lain, kata mereka "Kita tidak bisa menjauh dari apa yang diinginkan pengguna. kita harus mengikuti tren" kata mereka dalam sebuah pernyataan.

Lalu smartphone apa saja yang memiliki design mirip seperti notch di iPhone X? berikut ini adalah daftarnya:
  • Asus Zenfone 5
  • Doogee V
  • Huawei P20
  • Leagoo S9
  • LG G7
  • OPPO R15
  • Ulefone T2 Pro

Sumber gambar: https://www.instagram.com/p/Bf0UZjRnPXM/?utm_source=ig_embed

Fungsi Notch di Smartphone
Design notch pada smartphone tidak dibuat begitu saja tetapi ada tujuan sehingga dibuat seperti itu diantaranya adalah untuk membuat layar tampak semakin lebih luas tanpa menggangu tempat kamera depan dan sensor proximity selain itu juga pengguna HP nya akan lebih mudah membedakan antara bagiana atas dan bagianb awah.

Tetapi design notch bukan berarti menjadikan HP sempurna tetap saja ada kekurangan dari design notch, sebagian orang bahkan berpendapat bahwa keberadaan notch tersebut malah mengganggu kenyamanan saat sedang menonton video layar penuh.

Yaah begitulah selalu ada perbedaan tapi yangjelas kita semua sepakat tentang pengertian notch kan??
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi link aktiv tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar